Dukungan Australia untuk Pemilu Indonesia

Australia akan memberikan bantuan lebih dari A$6 juta untuk membantu Indonesia mempersiapkan dan melaksanakan Pemilihan Legislatif dan Presiden, yang dijadwalkan pada April 2009.

Pendanaan ini dibangun di atas dukungan kuat Australia atas pemilihan umum secara demokratis di Indonesia selama satu dasawarsa terakhir. Pada 1999, Australia memberikan bantuan pemilu sebesar A$15 juta dan pada 2004 Australia memberikan bantuan lebih dari A$12 juta.

Peningkatan besar dalam kapasitas lembaga-lembaga pemilihan umum Indonesia yang sangat berarti telah memangkas ketergantungan mereka pada dukungan internasional dalam melaksanakan pemilihan umum. Pemerintah Indonesia menyadari peningkatan yang lebih besar masih diperlukan, dan telah meminta bantuan internasional untuk pemilu 2009.

Pemilihan Presiden di Indonesia, yang merupakan salah satu pemilu nasional sehari terbesar di dunia, dilakukan di lebih dari 17.000 pulau, 585.000 tempat pemungutan suara dan melibatkan lebih dari 150 juta pemilih, menghadirkan tantangan logistik yang unik.

Pendaan Australia akan diberikan melalui Komisi Pemilihan Umum Australia dan mendukung karya Program Pembangunan PBB (UNDP), yang mengkoordinasi bantuan donor untuk pemilihan umum.

Komisi Pemilihan Umum Australia akan bekerja sama dengan lembaga mitranya, Komisi Pemilihan Umum Indonesia, untuk melatih pejabat pemilihan umum, melalui analisa kebutuhan pelatihan dan pengembangan buku panduan pelatihan.

Pendanaan Australia melalui UNDP akan membantu pengembangan prosedur dan administrasi pemilihan umum, melatih pekerja pemilihan umum, dan mendirikan pusat hasil pemilihan umum. Pendanaan tersebut juga membantu dalam hal hubungan masyarakat KPU untuk memajukan pelaporan yang akurat dan keterbukaan.

Pendanaan untuk mitra internasional seperti Yayasan International Sistem Pemilihan Umum dan Lembaga Demokrasi Nasional untuk Urusan Internasional juga akan membantu memperbaiki pendaftaran pemilih dan memberitahu pemilih tentang prosedur pemilihan umum.

Sejak 2005, Australia juga telah memberikan sekitar A$7 juta untuk mendukung pemantauan masyarakat madani, pendidikan pemilih dan audit pendaftaran pemilih untuk pemilihan kepala daerah. Telah terlaksana sekitar 400 pemilihan gubernur, walikota dan bupati sejak 2004.

Australia akan memberikan sekitar A$462 juta bantuan pembangunan kepada Indonesia pada 2008-09.

Pengumuman ini bertepatan dengan kunjungan beberapa Menteri RI ke Australia untuk menghadiri Forum Menteri Australia-Indonesia, yang sedang berlangsung di Canberra hari ini.

Advertisements

~ by genebrain on December 3, 2008.

One Response to “Dukungan Australia untuk Pemilu Indonesia”

  1. Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com%3c/a>. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://politik.infogue.com/dukungan_australia_untuk_pemilu_indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: